Tuesday, March 31, 2020

VIRUS CORONA WORKSHOP ONLINE


Oleh: Toto Suharya

Virus corona tidak menghambat sekolah dan guru-guru untuk melaksanakan program peningkatan kualitas pendidikan. Dalam situasi isolasi terbatas, SMAN 1 Cipeundeuy Bandung Barat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI meluncurkan Workshop Online untuk guru-guru sejarah. Kegiatan ini dilakukan untuk internal sekolah, namun melibatkan guru-guru sejarah di KCD wilayah VI karena sifatnya gratis dan mudah diakses.  

Menggunakan aplikasi Webex guru-guru sejarah di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur diajak bergabung secara sukarela tanpa dipungut biaya. Efek Virus Corona ternyata memberi peluang kepada pengelola sekolah dan guru untuk melakukan inovasi program. Workshop Online dilakukan bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Sejarah UHAMKA Jakarta.


Tema yang diangkat adalah Entrepeneurship in History Education. Tema ini untuk mengajak guru-guru sejarah tidak ketinggalan zaman. Selama ini guru-guru sejarah identik dengan masa lalu, kuno, dan sulit move on. Di dalam workshop guru-guru akan diperkenalkan bahwa tokoh-tokoh sejarah Indonesia memiliki jiwa-jiwa berkarakter entrepreneur. Selama ini entrepreneur dipahami sebagai kegiatan ekonomi, padahal semua tokoh sukses memiliki karakter entrepreneur, termasuk para tokoh sejarah.

Karakter entrepreneur yang dimiliki oleh para tokoh sejarah adalah berani berkorban. Karakter entrepreneur lainnya adalah suka membaca, banyak ide, kreatif, visioner, mampu bertahan dalam kondisi sulit, selalu optimis, dan mandiri.

Tujuan dari workshop ini adalah memberikan pemahaman kepada guru-guru sejarah bahwa pelajaran sejarah bisa diajarkan sesuai dengan kebutuhan zaman. Dengan mengangkat tokoh-tokoh sejarah nasional sebagai teladan diharapkan guru-guru dapat mengajarkan kepada siswa untuk meneladani dan merasa bangga memiliki tokoh-tokoh sejarah yang berkarakter entrepreneur.

Lunturnya naisonalisme bangsa Indonesia, bisa jadi dimulai dari lunturnya kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap tokoh-tokoh sejarah. Tokoh-tokoh besar sejarah bangsa Indonesia seperti Sukarno, Hatta, Suharto, jangan hanya dikenal dari sisi kekurangannya saja, tapi guru-guru sejarah harus mengajarkan aspek-aspek yang harus diteladani anak-anak dari para tokoh sesuai dengan kebutuhan zaman. Entrepreneuship adalah abad anak-anak milenial, guru-guru sejarah harus memahaminya dan mengajarkan sejarah sesuai dengan kebutuhan zaman. Virus Corona ternyata mendorong para  praktisi pendidikan untuk terus melakukan inovasi dalam pembelajaran. Salam optimis tanpa batas!Wallahu alam.

(Penulis Kepala SMAN 1 CIpeundeuy Bandung Barat).

2 comments:

  1. Salam
    Kami dari Guru SMAS DARUL FALAH CIHAMPELAS sangat mendukung program bagus ini
    Salam sukses untuk semua
    R . Adhi Indra Kurnia
    GMP SI SMAS Darul Falah Cihampelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam pada adhi terimaksih atas kungungannya

      Delete

SEKOLAH AGEN PROPAGANDA

OLEH: TOTO SUHARYA (Kepala Sekolah, Sekretaris I DPP AKSI, KACI) Sekolah adalah lembaga yang ditugasi negara untuk mempropagandakan tujuan...