Wednesday, June 10, 2020

DURIAN MATERI SOAL HOTS

OLEH: TOTO SUHARYA
(Kepala SMAN 1 Cipeundeuy Bandung Barat/ Sekretaris I DPP AKSI)

Seperti sudah saya jelaskan untuk menyajikan materi HOTS, pertama yang kita butuhkan adalah tema materi yang akan kita angkat. Tema yang diangkat harus menarik, berada di sekitar peserta didik, unik, dan dapat memotivasi. Tema Durian saya angkat karena setiap orang indonesia menyukai durian, bahkan ada yang maniak durian. Harga durian di kota besar bisa mencapai jutaan sesuai dengan jenis dan rasanya. Tema ini perlu diangkat untuk membuka wawasan peserta didik bahwa ada potensi-potensi ekonomi yang bisa dikembangkan oleh peserta didik. Sebagai contoh penulis sajikan contoh materi di bawha ini. Penysunan materi bisa dilakukan secara kolaboratif dari beberapa guru yang hendak menyajikan materi pembelajarannya secara tematik. Durasinya bisa disesuaikan dengan jam pelajaran yang tersedia dari beberapa mata pelajaran.

BUAH DURIAN

Durian adalah buah khas dari Asia Tenggara. Pohon Durian tumbuh subur di daerah berhawa panas. Durian termasuk buah musiman. Rata-rata durian berbuah setahun sekali. Penikmat durian rela mengeluarkan uang puluhan juta agar dapat menikmati legitnya buah durian. Anak-anak muda kreatif mengembangkan bisnis durian menjadi pancake durian, brownies durian dan jus durian. Dengan diolah durian menjadi lebih mudah dipasarkan secara luas.

Usia pohon durian ada yang mencapai 200 tahun, tinggi 50 meter dan diameter batang 2,3 meter. Dibutuhkan sedikitnya empat orang untuk memeluk batang pohon durian tersebut. Pohon durian ini terletak di Lumajang dusun Gencono. Pohon tua ini rata-rata tiap panen menghasilkan 1000 buah. Pohon durian ini dijajakan menjadi objek wisata di lumajang bagi para penikmat durian. Nutrisi durian dari pohon tua menurut pemiliknya lebih bernutrisi.  (riaupos.jawapos.com).

Tanaman durian yang berasal dari biji bisa berbuah antara 10-12 tahun. Jika ditanam menggunakan okulasi maka bisa berbuah pada usia tanam 8 tahun. Namun jika yang ditanam bibit unggul maka masa berbuah durian bisa panen pada usia 5 tahun. Durian montong adalah salah satu jenis durian unggul. Hendra Hamim seorang petani Durian montong dari desa Kobo kecamatan Kotamobagu Timur jika musim panen tiba omzetnya mencapai ratusan juta. Tanaman duriannya di budidayakan sejak tujuh tahun yang lalu. Dia hanya memiliki 38 pohon. Produksi per pohon rata-rata 30 buah dengan berat 5 kg. Pemasaran sangat mudah karena pembeli biasanya datang langsung ke kebun. Setiap butir durian rata-rata dijual Rp. 40.000. Pada usia 4 tahun asal perawatannya bagus durian montong sudah berbuah.

Tanaman durian cocok di tanah di tanah dengan Ph netral. Pada PH netral tanaman durian bisa tumbuh dengan baik. Durian ditanam dengan jarak 8x8 m daalam lubang sedalam 30 cm. Pemupukan dilakukan pada usia 0-2 tahun, 2-4 tahun dan 4 tahun. Penyiraman durian dilakukan sehari sekali. Setelah berusia satu bulan dapat dilakukan penyiraman tiga minggu sekali. Penyiangan perlu dilakukan dengan diameter 1 meter dari pohon. Setiap dua minggu sekali dapat diberi obat pembantu pertumbuhan dengan dosis yang tepat. Setiap enam bulan sekali bisa dilakukan pemupukkan ke dalam lubang tanah untuk menjaga pertumbuhan akar pohon. Tananam durian cocok pada suhu 20-30 derajat celcius.

Berdasarkan iklim tanaham buah terbagi menjadi dua yaitu buah tropis dan sub tropis. Buah tropis adalah buah yang tumbuh di iklim dengan suhu udara sekirat 25 derajat celcius atau lebih. Buah tropis adalah buah yang tumbuh di daerah dengan suhu udara maksimu 22 derajat celcius. Negara-negara seperti Amerika, Jepang, Eropa tidak mengenal buah durian. Mereka asing ketika melihat buah durian karena baunya menyengat dan mereka bisa muntah ketika memakannya karena belum biasa.

Kerjakan tugas di bawah ini, dengan membaca terlebih dahulu wacana di atas. Anda bisa menjawab semua pertanyaan jika membaca wacana di atas dengan teliti.

  1. Buatlah dalam bentuk tabel sebuah petunjuk teknis langkah-langkah menanam durian berdasarkan data di atas!
  2. Hitunglah berapa penghasilan tepatnya  pak Hendra Hamim setiap penen durian!
  3. Mengapa orang Amerika, Jepang dan Eropa tidak menyukai durian?
  4. Jelaskan mengacu pada data di atas, apakah daerah anda termasuk tempat yang cocok untuk menanam durian?
  5. Buatlah sebuah rencana hidup untuk mewujdukan cita-cita anda beberapa tahun ke depan  dengan menanam buah durian!
  6. Selain jualan buah durian potensi usaha tambahan apa yang bisa dikembangkan dari durian?
  7. Mata pelajaran apa saja yang perlu anda dalami agar menjadi petani durian sukses?

Jika peserta didik harus mengirimkan jawaban via email atau wa, maka pemeriksaan bisa lebih ringan karena dilakukan oleh beberapa orang guru. Kejujuran perlu diperhatikan karena mungkin saja anak-anak yang malas akan menyontek saja pekerjaan temannya, tanpa memahami esensi dari tujuan pembelajaran tematik yang disajikan.

No comments:

Post a Comment

SEKOLAH AGEN PROPAGANDA

OLEH: TOTO SUHARYA (Kepala Sekolah, Sekretaris I DPP AKSI, KACI) Sekolah adalah lembaga yang ditugasi negara untuk mempropagandakan tujuan...