Friday, August 2, 2019

KEAJAIABAN

OLEH: TOTO SUHARYA

Pernahkah anda mengalami kejaiban dalam hidup? Keajaiban adalah kejadian yang terjadi di luar kemampuan nalar manusia. Menurut pandangan mata, tidak mungkin di gurun ada mata air, tidak mungkin di laut ada gunung berapi, tidak mungkin laut dibelah, dan tidak mungkin benda dengan berat beribu-ribu ton bisa terbang.

Kisah ini dialami oleh seorang pria yang berniat menikahi seorang gadis. Pria itu sangat mencintai gadis yang akan dinikahinya. Namun gadis yang akan dinikahinya memiliki masalah dengan siklus yang biasa dialami gadis pada umumnya. Gadis itu mengalami haid hanya empat bulan sekali. Menurut analisis dokter, siklus tidak normal ini terjadi karena ada kelainan pada rahim. Akibat kelainan ini, dokter memonis bahwa gadis itu tidak bisa melahirkan keturunan.

Kondisi gadis ini diketahui oleh pria yang hendak menikahinya. Orang tua dan anggota keluarga pihak pria memberi saran untuk mempertimbangkan niatnya menikahi gadis ini. JIka tidak, kelak dia tidak akan punya keturunan. Namun keputusan pria itu tetap memilih untuk menikahi gadis ini. Atas dasar kasih sayangnya yang tulus, dia siap menikah dan ikhlas menerima jika setelah menikah tidak memiliki keturunan. Keluarga besarnya tidak sedikit yang menyesalkan atas keputusan pria tersebut, karena sudah dipastikan tidak akan mendapat keturunan.

Sudah beberapa tahun lewat pria itu menikah dengan gadis yang dicintainya. Keajaibanpun terjadi, mereka dikaruniai tiga orang anak yang sehat dan lucu-lucu. Kehidupan keluarganya dialami dengan penuh kebahagiaan.

Begitulah keajaiban terjadi diluar nalar manusia biasa. Namun tidak tahu kenapa, dibalik keajaiban selalu ada keikhlasan dari orang-orang yang mengalaminya. Ikhlas adalah berharap tetapi tidak menuntut dan ngotot. Ikhlas adalah berharap tetapi menyerahkan diri kepada Allah. Ikhlas adalah berharap tetapi menerima segala keputusan sebagai takdir Allah. Ikhlas adalah berharap tetapi mengakui keputusan yang diterima adalah takdir terbaik dari Allah.

Pada akhirnya ikhlas adalah berharap tetapi tidak pernah mendahului keputusan Allah. Ikhlas adalah berani berkorban kehilangan kesenangan dunia untuk melaksanakan apa yang dicintai Allah. Ikhlas adalah ketaatan murni menjalankan perintah semata untuk Allah. Kemurnian ketaatan ini yang selalu melahirkan keajaiban bagi pelakunya. Kemurnian ketaatan tidak lagi melahirkan prasangka-prasangka manusia kecuali prasangka Allah swt. 

Cerita inspirasi ini penulis dapat dalam perjalanan menuju tempat kerja dari stasiun radio nasional, ketika tepat berada di pembuangan sampah yang baunya menyesakkan dada. Ajaib! inspirasi ini berbarengan dengan bau sampah yang menyesakkan dada. Allah tetap melahirkan kebaikan dalam kondisi buruk sekalipun. Wallahu ‘alam.

(Head Master Trainer)  

No comments:

Post a Comment

SEKOLAH AGEN PROPAGANDA

OLEH: TOTO SUHARYA (Kepala Sekolah, Sekretaris I DPP AKSI, KACI) Sekolah adalah lembaga yang ditugasi negara untuk mempropagandakan tujuan...